Senin, 07 Maret 2016

Gaya Promosi di Era Digital

Assalamu’allaikum Wr. Wb. sobat bloger. Di Jaman sekarang ini bisa dikatakan sebagai jamannya digital. Semua bisa kita dapatkan secara instan dengan proses yang mudah. Tak terkecuali masalah Bisnis, pelaku bisnis atau produsen bisa dengan mudah memasarkan dagangannya dengan menggunakan fasilitas – fasilitas yang ada, seperti halnya memanfaatkan dunia digital atau media digital, Produsen selaku pelaku bisnis dapat memasarkan produknya melalui dunia digital tersebut dan konsumen selaku pengguna jasa tersebut juga mudah mencari hingga mendapatkan apa kebutuhannya. Tapi, dalam proses tersebut, pelaku bisnislah yang mendapatkan banyak tantangan.seperti halnya keistikhomahan dalam menjalankan bisnis itu sendiri.
Di era digital, trend bisnis berubah dengan sangat cepat. Para pelaku bisnis harus memiliki pengetahuan, skill dan paradigma yang berbeda tentang dunia online bisnis dan marketing. Internet merupakan sebuah saluran distribusi yang sangat besar. Ada banyak peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku usaha yang ingin berhasil menjalankan program marketing di era digital ini. Saat ini, melakukan pemasaran tradisional atau offline saja tidak cukup. Para pelaku usaha membutuhkan model “modern marketing” dengan digital marketing sebagai solusinya. Untuk itu, mengetahui tentang alat atau media yang digunakan guna memperluas layanan pun harus dikuasai. contoh yang umum adalah Smart phone, inilah salah satu  gaya promosi di dunia digital. Dengan berbagai fitur Smartphone saat ini, yang memudahkan seorang konsumen dalam mengakses sebuah situs harus memperhitungkan media yang satu ini.
Menurut penulis, untuk memperluas market dan mempercepat pengenalan produk oleh pelaku usaha di era digital ini, ada beberapa gaya promosi di Era digital yang sering digunakan atau di praktekan oleh pelaku usaha masa kini. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan fasilitas internet dan smartphone agar bisa mengikuti gaya promosi di dunia digital ini :
1.      Web / Blog
Mungkin sudah tidak asing lagi kita mendengar  kata Web / Blog. Apa itu Web / Blog ? simak disini . bagi yang sudah tau mari kita lanjutkan pembahasanya.
Dengan memanfaatkan dan memaksimalkan web/ blog kita bisa mempromosikan dagangan Anda. Tentunya ada faktor – faktor pendukung lainya, salah satunya harus didukung dengan tampilan yang mumpuni / responsive. Agar para pencari / calon pembeli bisa dengan mudah mengakses web/blog Anda dengan menggunakan handphone sekalipun.
Salah duanya yaitu dengan memaksimalkan mesin pencarian agar Web / Blog anda cepat terindeks oleh mesin pencari. Agar Web / blog Anda cepat tertelusur oleh mesin pencari yaitu dengan SEO atau bisa disebut dengan Search Engine Optimization. Untuk salah tiganya dan lebih lanjut simak disini.

2.      Memanfaatkan Sosmed
Ada yang tau sosmed itu apa? Yups,,,, betul.. sosmed adalah kepanjangan dari sosial media. Sosial media di era digital ini sudah banyak bermunculan. Mulai dari facebook, lalu twitter, path, whatsapp dan kawan – kawan. Seperti halnya dengan facebook. Facebook mempunyai layanan iklan berbayar. Anda jga dapat mempromosikan dengan mempostingnya di grup facebook, maupun dinding profil Anda, tentunya cara ini gratis, dengan syarat Anda mempunyai akun Facebook. Begitu juga dengan sosmed yang lainnya. Model / peran sosmed yang lainnya pun hampir sama, hanya saja cara atau metode promosinya yang sedikit berbeda.

3.      Penggunaan Google Adwords
Mungkin belum banyak nyang tau apa yang di sebut dengan Google Adwords. Google Adwords adalah salah satu layanan dari Google yang berfungsi untuk membuat Iklan di google. Namun cara ini membutuhkan sedikit modal alias berbayar. Dengan menggunakan fasilitas ini, banyak bisnis dari tingkat bisnis kecil hingga korporasi besar bisa masuk ke dalamnya, dan mengiklankan produk-produk mereka. Memanfaatkan kesempatan ini adalah cara yang bagus untuk bisa membuat orang lain lebih mengenal bisnis Anda, yang mempunyai kemungkinan besar menjadi transaksi langsung.

Mungkin hanya ini yang dapat penulis bagikan mengenai bebarapa gaya promosi di dunia digital masa kini. Dari yang gratisan hingga yang bermodal. Semoga Anda dapat memaksimalkan jualan atau dagangan Anda, yang mulanya hanya oofline, sekarang saatnya beralih ke online, dengan mengikuti bebarapa gaya promosi di era digital masa kini. Terima kasih Anda yang sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Salam sukses. Bismillah. Wasalamu’allaikum. Wr. Wb.

Previous Post
Next Post

5 komentar:

  1. yang kurang satu ini mas, harus blogwalking..biar banyak pengunjungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, blogwalking juga merupakan salah satu gaya promosi di era digital...

      Hapus
    2. :) iyaa pak,,, sy lupa nulisnya,,, sdh d praktekan t lupa nulisnya hhe :-d

      Hapus

Terima kasih Kunjungannya. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Gan... Makasih. Salam Sukses