Minggu, 27 Maret 2016

Cara mudah membangun sistem elektronik bisnis secara bertahap [step by step]


Selamat siang sobat bloger,,, Di jaman digital ini, trend bisnis berubah dengan sangat cepat. Para pelaku bisnis harus memiliki pengetahuan, skill dan paradigma yang berbeda tentang dunia online bisnis dan marketing. Internet merupakan sebuah saluran distribusi yang sangat besar. Ada banyak peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku usaha yang ingin berhasil menjalankan program marketing di era digital ini. Saat ini, melakukan pemasaran tradisional atau offline saja tidak cukup. Harus ada inovasi atau perubahan dalam menjalankan bisnis agar tidak ketinggalan jaman yang semakin modern ini.  Salah satunya yaitu dengan membangun elektronik bisnis atau bisa disebut e-Business. Masih ada banyak cara mudah membangun sebuah sistem elektronik bisnis  atau bisa disebut e bisnis, namun alangkah baiknya sesuai dengan step step yang akan saya berikan nanti agar para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya bisa menggunakan media internet dengan seoptimal mungkin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

visi dan prospek membangun e bisnis

Didalam membangun sistem elektronik bisnis harus memiliki pemahaman yang kuat agar pemahaman itu yang menjadi landasan dalam membangun sistem e-Business. Membangun sistem e-Business bukan hanya mengkomputerisasi Sistem Informasi bisnis yang kemudian dihubungkan ke Internet, akan tetapi harus memiliki beberapa cara agar sistem elektronik bisnis Anda bisa bertahan lama yaitu dengan:
1.      Adanya keinginan yang kuat dan konsisten untuk membangun hubungan langsung dengan konsumen.
2.      Pembangunan Jaringan Komunitas
3.      Perluasan market penjualan
4.      Masuk era persaingan global

tahap pembentukan sistem e - business

Dengan memperkuat pemahaman Anda sebagai pelaku bisnis, Anda juga harus melakukan beberapa tahap untuk membangun sebuah sistem elektronik bisnis dengan mudah. Berikut adalah tahapan untuk membangun sebuah sistem elektronik bisnis Tahap yang pertama pembentukan Sistem e-Business yaitu :
1.      Mendayagunakan komputer personal, jaringan komputer dan Internet semaksimal mungkin.
2.      Membangun halaman web untuk jalinan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen secara efektif dan fleksibel.
3.      Membangun Sistem Informasi e-Business yang efektif.
4.      Mengembangkan Sistem Informasi yang bersifat inter platform.
Tahap yang kedua yaitu membentuk permodelan sistem karena didalam membangun sebuah sistem yang besar dan lengkap untuk membuat Sistem Informasi e-Business,para tim  pembuat sistem perlu membuat model elektronik bisnis atau e-Business. Pemodelan tersebut menggambarkan aliran data yang akan di proses menjadi informasi; aliran distribusi juga akan digambarkan. Dengan demikian, arus data informasi dapat terlihat secara jelas. Penggambaran pemodelan dapat menggunakan sistem flowchart atau blo diagram.

Dari beberapa permodelan sistem ada 3 metode yang sering digunakan yaitu metode seperti daur hidup, prototype, dan spiral. Dari ketiga metode tersebut, sistem elektronik bisnis atau e-Business cacok menggunakan metode daur hidup karena memiliki beberapa karakteristik yaitu proses dilakukan step by step yang disertai dengan proses doumentasi yang rapi. Metode daur hdup terdiri dari beberapa tahapan proses, yaitu tahap perencanaan, analisis, perancangan, penerapan, evaluasi, penggunaan, dan pemeliharaan. Pada setiap tahapan dilakukan proses pendokumentasian atas segala yang telah dilakukan atau disepakati. Berikut adalah tahapan demi tahapan metode daur hidup:

Tahap Perencanaan

·         Memahami permasalahan yang muncul dan mendefinisikan secara rinci.
·         Merumuskan kasus – kasus bisnis yang ingin diselesaikan.
·         Menghitung atau mengestimasikan total investasi yang akan disediakan.
·         Rencana aksi yang nyata atau mongkret.

Tahap Analisis

·         Tahapan ini harus dilakukan seobyektif mungkin agar hasilnya tidak bias.
·         Jika ditemukan indikasi ketidaklayakan maka harus melakukan dengan mencari sebabnya, apakah dapat diatasi atau tidak, jika bisa segera disusun langkah nyata atau kongkretnya.

Tahap Perancangan

·         Fase pemahaman kreteria kebutuhan sistem.
·         Lebih menuju sistem yang stabil dan flexible.
·         Selain memperhatikan rekomenadasi kelayakan, perlu memperhatikan : kebutuhan pelaku usaha /perusahaan, kebutuhan opertor, kebutuhan pemakai, dan kebutuhan teknis.

Tahap Penerapan

Tahap ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan  rancangan yang telah disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan Implementasi untuk prosedur di dalam teknologi komputer akan menggunakan bahasa computer. Sementara itu, untuk proses yang terdapat di luar sistem komputer, disusunlah sebuah konvensi atau perjanjian atau tata tertib, agar setiap orang yang terlibat dapat mengikuti alur yang telah ditetapkan Untuk merealisasikan sistem pada tahap pemaparan ini, ditempuh beberapa metode, antara lain, penggunaan paket aplikasi, pengembangan oleh staf sendiri (insourcing), dan pengembangnan yang dilakukan dengan kerjasama dari pihak luar seperti konsultan atau software house (outsourcing)

Tahap  Evaluasi

Pada tahap ini, dilakukan uji coba sistem yang telah selesai disusun. Proses uji coba diperlukan untuk memastikan bahwa sistem tersebut sudah benar. Karakteristik yang ditetapkan, dan tidak ada kesalahan-kesalahan yang terkandung didalamnya sampai ke penelusuran dan keterlibatan data.

Mungkin hanya ini yang dapat penulis bagikan mengenai Cara mudahmembangun sistem elektronik bisnis secara bertahap [step by step]. Semoga bermanfaat dan suksess selalu, semoga bisa mengimplementasikan ilmu yang Anda dapatkan.
Blogpost ini penulis ambil dari materi ke-2 dan di buat untuk memenuhi tugas pengganti UAS pak dhanang
dan backlink untuk temen saya 



Previous Post
Next Post

9 komentar:

  1. Informasinya benar - benar sangat lengkap :D Sangat menginspirasi semua orang khususnya para pebisnis :D

    BalasHapus
  2. Informasi yang cocok buat rencana bisnis di jaman sekarang. (h)

    http://udinnjaen.blogspot.co.id/2016/03/mudah-dan-penting-mengetahui-e-business.html

    BalasHapus
  3. Bisnis yang cocok untuk dijalankan di era globalisasi ya..mengoptimalkan internet. Makasih sharingnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) makasih mb widya dan mb nurul (h)
      jangan sungkan mampir lagi hhe :>) nanti tak ksih kopi (c) hhe

      Hapus
  4. dunia digital sudah di depan mata nih, jadi harus pintar mengambil peluang. Ini caranya lengkap loh buat yang lagi mau berkembang :)

    BalasHapus

Terima kasih Kunjungannya. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Gan... Makasih. Salam Sukses