Selasa, 30 Agustus 2016

seniman keroncong terkenal di kota solo

seniman keroncong terkenal di kota solo - serbaserbiilmu.xyz. Dalam era globalisasi ini, seniman rakyat semakin hari semakin sulit berkembang. Kreativitas penciptaannya sangat terbatas oleh kemampuan yang mereka miliki secara turun-temurun dari para pendahulunya. Bertolak dari uraian-uraian di atas, tulisan ini bertujuan membahas eksistensi kesenian rakyat pada era globalisasi yang semakin tertinggal dari kesenian lainnya. Selain itu kita akan fokus untuk membahas tentang seniman keroncong terkenal di solo, mari kita bahas bersama cikidot…

Dilihat dari perkembangan Sumber Daya Manusia Seniman Rakyat yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) seniman rakyat sangat tertinggal jauh dibandingkan dengan seniman-seniman di bidang karya-karya modern dan populer, baik dari aspek pendidikannya, ketrampilannya, maupun dari aspek-aspek lainnya, termasuk daya persaingannya. Selain itu, di dalam era teknologi dan komunikasi yang sangat modern ini, masyarakat mempunyai berbagai macam pilihan baik secara tontonan langsung maupun melalui teknologi elektronika, seperti televisi, radio dan lain-lain.

Lagu Keroncong merupakan suatu corak musik populer yang berasal dari para Mardjiker yang dibebaskan oleh Belanda, dan kemudian berpihak pada Belanda untuk semua kepentingan, baik politik, spiritual maupun budaya, dan telah menetap di pesisir utara Jakarta, yang disebut dengan Kampung Tugu. Dalam perjalanannya, musik keroncong mengalami perkembangan sampai menyebar di beberapa kota besar di pulau Jawa, termasuk di kota Surakarta. Surakarta merupakan kota budaya yang banyak melahirkan musisi-musisi keroncong. Beberapa musisi keroncong mengenalkan kota Surakarta lewat lagu keroncong, sehingga Surakarta dikenal sebagai kota keroncong yang mempunyai ciri musik yang khas gaya Soloan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana musik keroncong muncul dan berkembang di Surakarta.

waljinah
Taukah Anda siapa saja penyanyi lagu keroncong sekaligus seniman keroncong terkenal di solo ? hmm, ini dia salah satunya yaitu beliau yang bernama Waljinah. Beliau adalah  penyanyi keroncong wanita yang juga seorang penyanyi spesialisasi keroncong - Jawa yang dikenal dengan julukan "Ratu keroncong". Namanya melambung saat memopulerkan lagu "Walang Kekek", menyusul suksesnya menjuarai Bintang Radio  Indonesia tahun  1965. Waldjinah Lahir  di Solo,  Jawa  Tengah, 7 November 1945.

Waldjinah memimpin Orkes  Keroncong Bintang Surakarta dan terus  mempeijuangkan eksisitensi musik klasik ini di tengah  serbuan budaya industri.Tahun 2002, Waldjinah menerima anugrah seni dari yayasan musik Hanjaringrat di Solo. Lagu-lagunya yang terkenal di antaranya: Ande-ande lumut, Rudjak U/ek, Suwe  Ora Jamu,  Warung Pojok, GethukLindri, Othok-othok Unine Tekek, Tukang Pijet  dan Tetanen.

Gesang

seniman keroncong terkenal di solo lainnya yaitu beliau yang bernama Gesang atau lengkapnya Gesang Martohartono. Beliau lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Oktober 1917 – meninggal di Surakarta, Jawa Tengah, 20 Mei 2010 pada umur 92 tahun. Beliau adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asli asal solo-Indonesia. Dikenal sebagai "maestro keroncong Indonesia," ia terkenal lewat lagu Bengawan Solo ciptaannya, yang terkenal di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang. Lagu 'Bengawan Solo' ciptaannya telah diterjemahkan ke dalam, setidaknya, 13 bahasa (termasuk bahasa Inggris, bahasa Rusia, bahasa Tionghoa, dan bahasa Jepang)

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa Beliau terhadap perkembangan musik keroncong, pada tahun 1983 Jepang mendirikan Taman Gesang di dekat Bengawan Solo. Pengelolaan taman ini didanai oleh Dana Gesang, sebuah lembaga yang didirikan untuk Gesang di Jepang.

seniman keroncong terkenal di solo berikutnya yaitu Didi Kempot yang mempunyai nama asli Didi Prasetyo lahir di Surakarta, 31 Desember 1966 umur 45 tahun. Beliau adalah seorang penyanyi campursari dan keroncong dari Solo Jawa Tengah. Didi Kempot merupakan putra dari pelawak terkenal dari kota Solo, Ranto Edi Gudel (Almarhum) yang lebih dikenal dengan nama mbah Ranto. Dia bersaudara dengan Mamiek Podang, pelawak senior Srimulat. Didi Kempot merupakan penyanyi campursari kebanggaan kota Solo, di samping Gesang (maestro keroncong) dan Tia AFI (juara Akademi Fantasi Indosiar 2).

Didi Kempot


Saat ini Didi Kempot tinggal di daerah Sumber, Solo. Ini adalah beberapa lagu yang dinyanyikan oleh didi kempot : Bakso Sarjana, Aku Dudu Rojo, Anggar Bini, Arum Dalu, Awu Merapi, Bapak, Bojo Loro, Cidro, Cintaku Sekonyong konyong Koder, Cucakrowo , Dolanan Dakon, Gethuki, Iki Weke Sopo, Isih Tresno, Jambu Alas, Janji Palsu Dan masih banyak lagi lagu-lagu yang sesuai dengan suasana hati kita..


Mungkin cukup tiga saja yang kita bahas mengenai “seniman keroncongterkenal di solo dan dengan tulisan ini semoga kita dapat pengetahuan lebih mengenai seniman keroncong terkenal di solo . Tentunya kita bangga sebagai Bangsa Indonesia terutama warga solo sekitarnya karena memiliki tokoh – tokoh seniman keroncong yang selalu melestarikan kebudayaan Jawa. terima kasih sudah membaca maaf bila ada salah dalam penulisan. Wasalam….
Previous Post
Next Post

21 komentar:

  1. wah... mantap bangga jdi orng solo.... :D

    BalasHapus
  2. mas didi kempot ini yg paling aku kenal..haha
    tetanggaku gak bosen bgt dgerin lagu ini..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... lagu lagunya enak enak yaa mb....

      Hapus
    2. apalagi klo buat leyeh leyeh ... enak mb ... sambil tiduran :D hhe

      Hapus
  3. kunjungi juga gan http://bit.ly/2b7pSJT

    BalasHapus
  4. lagu keroncong, langgam keroncong I like it :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhe ini jga salah satu aliran musik kesukaan saya bu hehhe

      Hapus
  5. Sekarang musik kroncong udah nggak sebombastis dulu ya mas..
    ane dulu padahal suka banget :D

    BalasHapus
  6. suka sma keroncong karna aq suka langgam jawa

    BalasHapus
  7. https://www.youtube.com/watch?v=Mcd_58mP-og

    BalasHapus
  8. Memang lagu keroncong ini enak di dengar bagi kalangan anak muda :) (c)

    Ditunggu kunbalnya mas :)

    BalasHapus
  9. raja889 agen SBO indo terbaik dan terpercaya.
    ada banyak game menarik yang bisa kalian mainkan seperti sportsbook, casino, bola tangkas, dan TGL.
    bergabung bersama kami, kalian akan diberikan banyak bonus seperti :
    - Bonus New Member
    - Bonus Registrasi
    - Bonus Referral
    - Bonus Deposit
    - Bonus Withdraw
    - Bonus Turnover
    - Bonus Cashback dan masih banyak bonus - bonus lainnya!

    Ayo segera daftarkan diri kalian dan mainkan game nya di situs kami, raja889.

    BalasHapus

Terima kasih Kunjungannya. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Gan... Makasih. Salam Sukses