hadtihdk.blogspot.co.id - Apakah Membuat Aplikasi
Pembelajaran Sulit ??? Apakah itu yang ada di benak fikiran Anda ??? sebenarnya
segala sesuatu yang belum anda pahami / belum bisa dan bahkan di rasa sulit ,,,
itu karena Anda belum tau ilmunya. Nah ,,, sekarang Saya mencoba berbagi
sedikit ilmu dasar membuat dan mendesain Tampilan dan Action misalnya seperti
pada Aplikasi Pembelajaran .
Hal yang harus anda siapkan
adalah sebagai berikut :
- 1. PC atau Lepy (Laptop).
- 2. Program Aplikasi Macromedia Flash 8.
- 3. Bahan untuk object (gambar).
Sekarang setelah
mempersiapkan semua.a silahkan anda simak dan praktekkan yaa....
#Langkah pertama masuk ke
program aplikasi macromedia Flash 8.
#Setelah tampil, pilih Flash
Document , atau pilih file-new- Flash Document (Ctrl+N). Selanjutnya tambahkan
4 layer yaitu : backround, konten, action, dan tombol. Lalu ikuti petunjuk
berikutnya. seperti (gb.2 gif) di bawah ini.
#Langkah ketiga, impor bahan
(gambar) dengan cara klik file-import- import to library setelah sudah selesai
memilih gambar kik Open, maka akan otomatis masuk ke Library sebelah kanan
tampilan.
#Selanjutnya pilih
background yang anda inginkan(berada di Liberary) lalu sesuaikan dengan ukuran
bidang.
Nb
: Pastikan objek berada di dlm frame 1 di layer backround
#Sekarang saatnya kita
membuat tombol. Dengan langkah sebagai berikut :
1.
Membuat tombol next(maju)
Buatlah
seperti (Gb.5.gif) tersebut atau sesuai kreasi anda, (klik F8 pilih simbol serta beri nama) lalu 2 kali
pada object, lalu buat 2 layer : background dan text.(lihat pada Gb.5.gif).
dan
prev(mundur)
ulangi
langkah seperti membuat tombol next.
2.
Selanjutnya buat tombol angka
Buatlah
seperti langkah membuat tombol ke-1, tetapi bedanya text berupa angka yang di
ubah warnanya saat kursor di arahkan object tombol. Setelah itu duplikat object
tombol sampai angka 5 (lihat gb di bawah
ini).setelah itu tarik object dari Library ke dalam bidang.
#Selanjutnya membuat object
gambar dan text yang berada di dalam Library, dari frame 1 sampai 5 seperti
pada gambar di bawah ini. Atau sesuai dengan keinginan dan kreasi Anda
masing-masing.
#setelah semua object
terselesaikan. Sekarang tinggal memasukan skrip action, agar nantinya projek
kita sesuai dengan yang kita inginkan.
Nb : Pastikan Anda mengedit di layer Contant
Berikut beberapa object yang
berlu di masukan skrip Action , cikidot :
AGAR GAMBAR BERHENTI DAN SESUAI DENGAN KEINGINAN KITA
stop();
1.
TOMBOL NEXT (MAJU)
on(release)
{
nextFrame();
}
2.
TOMBOL PREV(MUNDUR)
on(release)
{
prevFrame();
}
3.
TOMBOL 1 SAMPAI 5
on(release)
{
gotoAndStop(1);
}
Nb : Nomor di antara tanda kurung,
harus di sesuaikan dengan No. Tombol.
Selesai tingal save sesuai keinginan Anda.
TERIMA KASIH SUDAH MELIHAT DAN SEMOGA BISA DI PRAKTEKKAN DAN BISA MUDAH DIPAHAMI.
KAMI TUNGGU KOMENTAR ANDA . WASALAM :)
nglegani konco ku gent pengunjung e akeh
BalasHapus