Senin, 05 Oktober 2015

TEKNIK DASAR MEMBUAT APLIKASI PEMBELAJARAN BAGI PEMULA

hadtihdk.blogspot.co.idApakah Membuat Aplikasi Pembelajaran Sulit ??? Apakah itu yang ada di benak fikiran Anda ??? sebenarnya segala sesuatu yang belum anda pahami / belum bisa dan bahkan di rasa sulit ,,, itu karena Anda belum tau ilmunya. Nah ,,, sekarang Saya mencoba berbagi sedikit ilmu dasar membuat dan mendesain Tampilan dan Action misalnya seperti pada Aplikasi Pembelajaran .
Hal yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut :
  • 1.    PC atau Lepy (Laptop).
  • 2.    Program Aplikasi Macromedia Flash 8.

  • 3.    Bahan untuk object (gambar).

Sekarang setelah mempersiapkan semua.a silahkan anda simak dan praktekkan yaa....
#Langkah pertama masuk ke program aplikasi macromedia Flash 8.

#Setelah tampil, pilih Flash Document , atau pilih file-new- Flash Document (Ctrl+N). Selanjutnya tambahkan 4 layer yaitu : backround, konten, action, dan tombol. Lalu ikuti petunjuk berikutnya. seperti (gb.2 gif) di bawah ini.


#Langkah ketiga, impor bahan (gambar) dengan cara klik file-import- import to library setelah sudah selesai memilih gambar kik Open, maka akan otomatis masuk ke Library sebelah kanan tampilan.


#Selanjutnya pilih background yang anda inginkan(berada di Liberary) lalu sesuaikan dengan ukuran bidang.
Nb : Pastikan objek berada di dlm frame 1 di layer backround


#Sekarang saatnya kita membuat tombol. Dengan langkah sebagai berikut :
1.    Membuat tombol next(maju)
Buatlah seperti (Gb.5.gif) tersebut atau sesuai kreasi anda, (klik  F8 pilih simbol serta beri nama) lalu 2 kali pada object, lalu buat 2 layer : background dan text.(lihat pada Gb.5.gif).
dan prev(mundur)
ulangi langkah seperti membuat tombol next.


2.    Selanjutnya buat tombol angka
Buatlah seperti langkah membuat tombol ke-1, tetapi bedanya text berupa angka yang di ubah warnanya saat kursor di arahkan object tombol. Setelah itu duplikat object tombol sampai angka 5  (lihat gb di bawah ini).setelah itu tarik object dari Library ke dalam bidang.


#Selanjutnya membuat object gambar dan text yang berada di dalam Library, dari frame 1 sampai 5 seperti pada gambar di bawah ini. Atau sesuai dengan keinginan dan kreasi Anda masing-masing.


#setelah semua object terselesaikan. Sekarang tinggal memasukan skrip action, agar nantinya projek kita sesuai dengan yang kita inginkan.
Nb : Pastikan Anda mengedit di layer Contant


Berikut beberapa object yang berlu di masukan skrip Action , cikidot :
AGAR GAMBAR BERHENTI DAN SESUAI DENGAN KEINGINAN KITA
            stop();
1.    TOMBOL NEXT (MAJU)
on(release)
{
nextFrame();
}
2.    TOMBOL PREV(MUNDUR)
on(release)
{
prevFrame();
}
3.    TOMBOL 1 SAMPAI 5
on(release)
{
 gotoAndStop(1);
}
Nb : Nomor di antara tanda kurung, harus di sesuaikan dengan No. Tombol.
 Selesai tingal save sesuai keinginan Anda.


TERIMA KASIH SUDAH MELIHAT DAN SEMOGA BISA DI PRAKTEKKAN DAN BISA MUDAH DIPAHAMI.
KAMI TUNGGU KOMENTAR ANDA . WASALAM :)


Previous Post
Next Post

1 komentar:

Terima kasih Kunjungannya. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Gan... Makasih. Salam Sukses