Selasa, 30 Agustus 2016

penetasan anak itik di gatak sukoharjo


penetasan anak itik di Gatak sukoharjoserbaserbiilmu.xyz . Salam Sukses sahabat bloger kali ini saya akan memposting tentang penetasan anak itik. Klo mendengar kata itik, pasti di kaitkan dengan goyang goyang, mungkin semua orang indonesia tahu goyangannya siapa,,, yups betul, siapa lagi klo bukan Zaskia Gotik yang terkenal dengan goyang itik, jadi Zaskia Goyang Itik hhehe…. Tapi kali ini saya akan membahas tentang penetasan anak itik di Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo.

Gatak adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Sukoharjo yang memiliki potensi pertanian yang diunggulkan sebagai penyangga pangan. Selain terkenal sebagai sentra penghasil beras berkualitas, kecamatan Gatak juga memiliki potensi besar di senta peternakan. Ini terbukti dari banyaknya warga selain bertani juga banyak yang berternak itik. Sehingga kecamatan Gatak sekarang juga bisa dikatakan sebagai penghasil itik berkualitas di kabupaten Sukoharjo. Itik yang berkualitas berasal dari cara beternak serta pemberian pakan secara benar dan tepat. Selain itu cara penetasan telur itik yang juga berpengaruh terhadap kualitas itik tersebut.

Cara ternak itik petelur dibantu penetasannya dengan menggunakan mesin. Mesin penetas telur sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas penetasan karena dengan mesin tetas dapat dilakukan proses penetasan dengan kapasitas yang besar dan kemampuan penetasan yang tinggi. Untuk mendapatkan hal tersebut seorang peternak dan pihak yang berhubungan dengan perkembangan peternakan haruslah selalu melakukan inovasi atau perbaikan-perbaikan pada mesin tetas telur baik dari segi teknik penetasan, pengaturan suhu, kemudahan cara menetaskan sampai meningkatkan kemampuan penetasan mesin tetas tersebut untuk mendapatkan mesin tetas telur yang baik dan dapat diandalkan.
penetasan anak itik

Mesin penetas telur itik adalah sebuah mesin yang di peruntukan untuk jenis itik petelur yang dapat membantu untuk menetaskan telur dengan kualitas lumayan baik. Mesin tetas ini dilengkapi dengan peralatan pendukung untuk mengatur kondisi lingkungannya mirip atau serupa dengan indukan. Box (kotak) mesin tetas diusahakan dibuat dari bahan yang anti rayap dan anti air agar lebih awet dan higienis sehingga tidak mempengaruhi kualitas telur yang akan ditetaskan. Pada mulanya mesin tetas hanya sebuah mesin sederhana yang hanya menggunakan lampu untuk menghasilkan panas dan tanpa instrument–instrument pendukung lainnya dan hanya digunakan oleh peternak–peternak tradisional dengan skala kecil, tapi seiring dengan perkembangan zaman mesin tetas telur dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan tetas dan kemudahan melakukan penetasan telur.Pekembangan mesin tetas telur itik yang ada saat ini cukup pesat karena dalam usaha peternakan cukup menjanjikan sebagai usaha sambilan dan hiburan juga bisa dijadikan bisnis yang besar apabila dilakukan dengan skala besar dan ketekunan.

Penetasan Itik di Gatak Kabupaten Sukoharjo ini masih bisa dibilang sederhana. Penetasan masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menetaskan telur yang sudah dipilih dengan menutupi jerami padi yang kering dan juga karung goni sebagai penghangat telur di bawah sinar lampu. Cara ini masih sangat banyak digunakan warga Gatak sebagai cara yang efektif untuk menetaskan telur itik. Untuk mengetahui telur itik yang berkualitas bisa dilakukan dengan penerangan terhadap telur itik di tempat yang tertutup. Telur yang mempunyai guratan- guratan darah di dalamnya lah yang bagus sedangakan yang pucat itu yang tidak bagus. Telur itik yang bagus dan subur akan ditetaskan sedangkan yang tidak subur akan dijual untuk dikonsumsi. Padahal dengan cara modern atau dengan bantuan mesin, Penetasan Itik di Gatak Kabupaten Sukoharjo akan sangat besar potensi keberhasilannya dan juga memiliki waktu penetasan yang sangat singkat, sehingga hasilnya juga akan berbeda jika dilakukan dengan cara manual atau tradisional. Mesin penetasan itik ini sebenarnya sudah banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat berfariasi mulai dari yang 300 ribuan sampai jutaan, tergantung kualitas dari mesin tersebut. Perlu adanya sosialisasi dari pihak kabupaten tersebut untuk mensosialisasi peternak itik di kecamatan Gatak tentang bagaimana cara penetasan itik dengan mesin sehingga hasil serta kualitas dari itik tersebut akan menjadi lebih banyak dan lebih menguntungkan para peternak itik.

Dari artikel ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa penetasan anak itik di Gatak Kabupaten Sukoharjo ini bisa maksimal dan berkualitas salah satunya karena dibantu menggunakan mesin. Demikian artikel ini saya tentang penetasan anak itik di Gatak sukoharjo, semoga dengan artikel ini teman teman bloger bisa mempraktekannya agar jadi wirausahawan sukses dan jangan lupa sesalu bersyukur , terimakasih.


Previous Post
Next Post

5 komentar:

  1. di sukoharjo ternyata ada tmpat berkembang biak itik brkualitas,,, #solo hebat

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bu,,, klo diyogya ada ga bu potensi pertanian yang diunggulkan?

      Hapus
  2. penetasan anak itik yaa...
    anak itik sama telur iti duluan mana hayoo ... :D

    BalasHapus
  3. Di kecamatan Gatak penetasan itik pertama terpusat di desa krasak RT 02 RW 05, kagokan, Gatak Sukoharjo. Dan desa krasak sekarang menjadi kampung bebek

    BalasHapus
  4. Di kecamatan Gatak penetasan itik pertama terpusat di desa krasak RT 02 RW 05, kagokan, Gatak Sukoharjo. Dan desa krasak sekarang menjadi kampung bebek

    BalasHapus

Terima kasih Kunjungannya. Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Gan... Makasih. Salam Sukses